Thursday, May 3, 2012

[RIP] Muhammad Yasin, Bapak Brimob Polri

Kabar duka kembali datang. Seorang putra bangsa dipanggil Allah SWT. Muhamamd Yasin, Bapak Brimob Polri, wafat pukul 15.30 WIB dalam usia 92 tahun di RS Polri Kramat Jati.

Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Muhammad Yasin, putra kelahiran Sulawesi, dikenal sebagai Bapak Brimob Polri karena dia pernah menjabat pucuk pimpinan pertama satuan Brimob Polri tersebut. Menurut rencana, alamarhum akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Jumat (4/5/2012). Kapolri Jenderal Timur Pradopo akan memimpin upacara pemakan tersebut.

Pada tahun 1946, almarhum menunjukkan prestasi cemerlang ketika menjalankan tugas dari Kapolri Jenderal Raden Said Soekanto Tjokrodimodjo untuk membentuk Brigade Mobil. Muhammad Yasin menjabat Kepala Kepolisian di Karesidenan Malang. Kesatuan yang diresmikan pada 14 November 1946 di Purwokerto ini berjasa mengatasi ancaman keamanan dan ketertiban seperti pada peristiwa Agresi Militer Belanda dan APRA (Angkatan Perang Ratu Adil) di Bandung, serta pengamanan jalan di wilayah Jawa Barat dari ancaman gerombolan DI/TII .

No comments:

Post a Comment